Senin, 22 Desember 2008

talkbox wah custom yogitaris

MEBUAT SENDIRI TALKBOX WAH

Menjadi seorang gitaris hampir menjadi impian banyak generasi muda dewasa ini. Namun tidak semudah membalik telapak tangan, karena untuk menjadi seorang gitaris selain skill yang mumpuni juga yang tak kalah penting membutuhkan peralatan yang tidak ketinggalan zaman untuk menunjang performa saat bermain gitar. Salah satunya adalah Talkbox yang saat ini sedang "ngetrend" dan didambakan para gitaris. Namun apadaya alat yang bagus ini harganya masih sangat mahal dan susah dicari apalagi dikota-kota kecil di Indonesia.Tapi bukan lantas kita harus berkecil hati, karena pasti ada jalan jika ada kemauan. Salah satunya yaitu dengan membuat sendiri alat ini dengan berbagai bahan yang sederhana dan dengan biaya yang murah.
Pada dasarnya Talk box adalah sebuah alat yang mengexploitasi suara gitar dengan menyalurkannya suara gitar lewat selang kedalam mulut kemudian oleh mulut suara itu diolah sehingga menyerupai effek wah yang kemudian suara ini ditangkap oleh microphone untuk bisa didengar hasil akhirnya lewat amplifier. Yang perlu disiapkan dalam membuat alat ini adalah selang sepanjang 2 meter, kotak spaeaker kecil tertutup yang kedap suara beserta speakernya, perangkat amplifier mini, microphone dan kabelnya, corong air tebal yang diameternya sama dengan bibir speaker tadi.
Cara membuatnya dengan memodifikasi kotak speaker dengan menutup bagian depannya dengan corong ( supaya rapat bisa dipakai seal dari lem ataupun karet) dan sambungkan selang keujung corong ( rekatkan dengan lem atau selotip plastik yang tebal). Setelah itu sambungkan suara gitar ( lebih baik bila sudah pake distorsi) dengan amplifier dan keluarkan suaranya lewat kotak speaker yang sudah kita modifikasi tadi, setelah itu masukkan selang lewat mulut dan tangkap suara yang keluar dari mulut dengan mic yang sudah disambungkan dengan amplifier gitar.
Yang perlu dijadikan catatan adalah kotak speaker harus benar2 kedap dan jangan sampai ada suara yang bocor(keluar) kecuali hanya dari ujung selang yang masuk ke mulut ( dulu saya malah pake gentong kecil yang mulutnya pas dengan speaker bulat..he.he.he karena benar2 kedap) dan mic harus dekat dengan mulut dan selang serta harus benar2 sensitif untuk menangkap suara yang keluar dari mulut.......yang terakhir pesan saya alat ini jangan dipinjem2in karena bisa bikin radang tenggorokan ( pengalaman pribadi saya dulu.he.he.he)...oh ya gambar akan menyusul ditampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar